Selasa, 25 September 2012

Yosei OIKAWA akan beri kuliah umum di Faperta UNSOED


Himpunan Mahasiswa Agricultural Engineering (HIMAGREEN)  merupakan kelembagaan yang mewadahi kegiatan mahasiswa program studi keteknikan pertanian Unsoed. Untuk menunjang kegiatan mahasiswa dibidang penelitian, Himagreen melalui Divisi Penelitian dan Pengembangan (litbang) merancang program kegiatan berupa General Lecture. Program kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memberikan informasi tambahan terkait dengan bidang Teknik pertanian yang dapat dijadikan bahan kajian untuk penelitian. dimana mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam mencari bahan kajian untuk penelitian mahasiswa. Dengan adanya program kegiatan ini diharapkan memudahkan mahasiswa dalam mencari bahan kajian untuk penelitian baik ditujukan untuk tugas akhir atau pun berbagai kompetisi mahasiswa.
Pada kesempatan kali ini penyelenggaraan General Lecture sedikit lebih istimwa, karena akan diisi oleh doktor dari jepang yang bernama Yosei OIKAWA, Ph.D. Beliau merupakan salah satu Pengajar di Department of International Environmental and Agricultural Science (IEAS), Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT), Japan. Bidang kajian yang didalami Beliau adalah International Environmental and Agricultural Science, bila dikaitan dengan bidang yang ada di teknik pertanian indonesia masuk dalam bidang pengendalian hayati dan konservasi lahan.
Tema yang akan diusung adalah “Berbagi Pengalaman tentang "Charcoal Agroforestry" sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dan konservasi alam di daerah penyangga Taman Nasional Bach Ma, Vietnam”. Tema ini diambil untuk mengenalkan kepada mahasiswa pertanian, khususnya mahasiswa Teknik Pertanian mengenai salah satu metode untuk konservasi alam yang cocok untuk daerah pedesaan tropis yaitu "Charcoal Agroforestry". Apa itu "Charcoal Agroforestry"? Bagaimana penerapannya? Apakah penerapanya di Vietnam juga bisa di terapkan di Indonesia? Semua pertanyaan ini dapat terjawab bila mengikuti General Lecture yang akan diselenggarakan di Auditorium Fakultas Pertanian hari Jum’at 28 September 2012 jam 08.00-10.00. Jadi jangan lewatkan ya... teman-teman pertanian seperjuangan. Don’t miss it (Aditya Bagus Wrihatno, Mahasiswa TEP UNSOED).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar