Minggu, 23 September 2012

Rayakan Dies Emas, Fakultas Pertanian UNSOED Luncurkan Buku Perjalanan Almamater


Oleh sahli.humas (Min, 23/09/2012 - 00:16)



Keberadaan UNSOED tidak lepas dari Fakultas Pertaniannya, karena cikal bakal dan karakter UNSOED sendiri diwarnai oleh pertanian. Hal ini diungkapkan oleh Pembantu Rektor II UNSOED, Dr. Eko Hariyanto, Ak mewakili rektor dalam sambutan perayaan dies emas Fakultas Pertanian UNSOED. Acara yang berlangsung di Auditorium Fakultas Pertanian UNSOED (22/9), dipenuhi oleh sivitas akademika termasuk alumni kampus yang usianya lebih sulung dari universitasnya sendiri. Dr. Eko menambahkan, dalam konteks ke-Indonesiaan, sesungguhnya dijumpai ironi bahwa sebagai negeri agraris kita masih mengalami ketergantungan pangan dari luar. “ Tugas Fakultas Pertanian UNSOED adalah mampu menjadi inisiator kebangkitan Indonesia yang swasembada pangan melalui riset yang berdaya guna dan berhasil guna sehingga kita menuju suatu ketahanan pangan. “ tandas Dr. Eko.


Dalam kesempatan tersebut, diluncurkan buku perjalanan 50 tahun Fakultas Pertanian UNSOED. Dekan, Dr. Ir. H. Achmad Iqbal menjelaskan di dalam buku tersebut menerangkan kilas balik fakultas tertua di UNSOED.  Termasuk di dalamnya memuat juga profil sumberdaya, jurusan dan program-program studi, riset dan pengabdian masyarakat, kerjasama, kealumnian dan prestasi serta karya inovasi para akademisi pertanian UNSOED.

Ditambahkan Dr. Iqbal, saat ini Fakultas Pertanian UNSOED memiliki 6 guru besar dari 149 dosen yang mengasuh bidang keilmuan agroteknologi, agribisnis, teknik pertanian serta ilmu dan teknologi pangan. Tidak hanya itu, 4 akademisi Fakultas Pertanian UNSOED tercatat sebagai salah satu dari 104 inovator terbaik se-Indonesia, yakni Prof. Totok Agung, Prof. Loekas Soesanto, Prof. Suwarto dan Dr. Rifda Naufalin. Ketua Panitia Dies Natalis ke-50 Fakultas Pertanian UNSOED, Dr. V Prihananto, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan suatu momentum yang sangat penting untuk mengingat kembali berdirinya insititusi ini, agar tetap menginspirasi untuk selalu mengeksistensi di masa kini dan mendatang.

1 komentar: