Jumat, 08 Maret 2013

Hasil Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanakan PKM

Saat ini UNSOED menerima 93 proposal yang sudah di danai oleh DIKTI. Pada tahun 2012 hanya 57 proposal, tahun 2011 65 proposal, dan pada tahun 2010 UNSOED berada pada peringkat ke-20 penerima pendanaan terbanyak PKM dari DIKTI se-Indonesia, sehingga sekarang diprediksi naik hingga peringkat ke-15, dikatakan oleh Pembantu Rektor III UNSOED dalam pembukaannya.
Dikatakan juga oleh PR III, untuk mencapai PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ada beberapa hal yang harus dicapai diantaranya penyusunan proposal (40%), kekompakkan tim (15%), artikel, dan lain sebagainya. Untuk MONEV (Pemantauan dan Evaluasi) yang akan dilaksanakan pada minggu ke-3/4 bulan Mei 2013 oleh DIKTI diharapkan seluruh peserta harus menyiapkan segala halnya termasuk capaian luaran (20%), kekompakkan dalam pembagian kerja (15%), intensitas konsultasi dengan pembimbing, dan lain sebagainya*.
Teknis MONEV akan dilakukan presentasi selama 10 menit dan diskusi 10 menit. Jadi untuk setiap kelompok mendapatkan waktu selama 20 menit. Sebelum MONEV dilakukan setiap kelompok wajib memenuhi beberapa syarat yang harus disusun, yaitu:
1. Unggah file Laporan Kemajuan Pekerjaan ke SIM-LITABMAS (1 minggu sebelum MONEV Dikti dilaksanakan) dapat dilihat di handbook.
2. CD berisi bahan presentasi.
3. Logbook yang memuat Indikator Keberhasilan Jangka Pendek (IKJP).
4. Bukti pengeluaran dana berupa kwitansi yang sudah dibukukan.
5. Foto-foto kegiatan pelaksanaan.
6. Produk yang dihasilkan.
Selama MONEV Dikti tersebut maka akan dinilai berbagai macam item kegiatan dan setiap proposal memiliki bobot penilaian yang sama. Target luaran (10%), metode (10%), ketercapaian target luaran (20%), kesuksesan pelaksanaan (10%), kekompakkan tim pelaksana (10%), peranan pembimbing (15%), dan potensi khusus seperti paten & komersil (25%). Jadi pada saat presentasi saat MONEV Dikti diusahakan bobot yang bernilai besar itulah yang harus ada dan disampaikan dengan baik sehingga peluang untuk PIMNAS terbuka lebar.
Syarat menuju PIMNAS dihitung dengan rumus Nlpp (Nilai calon peserta PIMNAS) yang merupakan akumulasi dari 40% nilai proposal usulan dan 60% dari nilai MONEV Dikti. Penetapannya dilakukan melalui ranking berdasar atas Nlpp dan katogori Perguruan Tinggi (Handbook P&EPP, 2013).
Kriteria penilaian PIMNAS berdasarkan nilai laporan akhir (30%) dan nilai presentasi di kelas PIMNAS (70%) menjadi hasil kinerja kelompok dan merupakan nilai akhir penentu 3 kelompok terbaik di kelas. Sedangkan gabungan kedua nilai dengan nilai poster dan gelar produk akan menentukan posisi 3 ranking terbaik PIMNAS.
Setiap kelompok yang lolos PIMNAS diwajibkan membuat artikel yang kemudian diunggah ke SIM-LITABMAS secara online, paling lambat 1 minggu sebelum tanggal pelaksanaan PIMNAS. Dan bagi yang tidak lolos PIMNAS pun dianjurkan untuk membuat artikel ini sebagai publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal ilmiah kartena ini menjadi nilai plus sebagai mahasiswa yang pernah membuat mengikuti PKM Dikti walaupun hanya sebagai peserta (Ketua Koordinasi PKM UNSOED).
Dijelaskan lebih lanjut mengenai pencairan dana dari DIKTI sudah berada di tangan UNSOED, dan mengenai pencairannya akan dilakukan dengan 2 tahap yaitu 80% sebelum MONEV (setelah penyerahan laporan akhir) dan 20% setelah MONEV dilaksanakan. Dua tahapan ini diambil untuk menghindari sanksi dari Dikti jikalau peserta memanfaatkan dana tersebut tidak sesuai dengan proposal yang telah diajukan ke Dikti. Mengenai MONEV dijelaskan lebih lanjut UNSOED sendiri akan mengadakan MONEV intern yang pelaksanaannya 20 hari sebelum MONEV dari Dikti hal ini dilakukan untuk mempersiapkan diri agar lebih matang lagi saat MONEV Dikti.
Fakultas Pertanian UNSOED menerima peringkat ketiga terbanyak yang proposalnya didanai oleh Dikti (www.UNSOED.ac.id). Dan suatu kebanggan tersendiri program studi menempatkan 7 proposalnya yang lolos PKM Dikti 2013. Suatu kebanggan memang tidak harus dicapai oleh materil tetapi dicapai dengan dasar kepuasan tertinggi.
Dan untuk teman-teman yang didanai diharapkan mulai dari sekarang untuk memulai apa yang telah direncanakan di dalam proposal tersebut. Untuk pendanaaan awal UNSOED menyediakan dana Rp. 1 juta untuk tiap kelompok dan insyaAllah besok dapat dibagikan. Dalam waktu dekat ini Program Studi Teknik Pertanian akan mengadakan penjelasan lebih dalam lagi mengenai langkah awal menuju MONEV dan PIMNAS 2013. Semoga seluruh civitas akademika PS TEP dapat mengoalkan cita-cita ini. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ibu Riana atau masing-masing ketua kelompok. Mohon dikoreksi dan maaf apabila terdapat kesalahan. Semangat bekerja kawan. Terimakasih. Sekian.
Stay green, always green AE.
Akhmad Zaenudin
(A1H009057)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar